Tips Agar Nyaman Saat Menginap di Hotel

Menginap di hotel maupun penginapan seharusnya menjadi salah satu bagian yang menyenangkan dari perjalanan Anda saat berada di suatu kota. Entah dalam rangka kerja maupun berwisata. Namun apa yang terjadi, tidak sedikit dari kita merasa kecewa saat menginap di hotel. Kekecewaan bukan hanya disebabkan oleh kondisi penginapan atau pun hotel yang kita tempati. Namun kadangkala juga dikarenakan keteledoran kita dalam memilih suatu penginapan.
menginap di hotel
Untuk itu sebelum kita merencanakan perjalanan yang mengharuskan kita menginap di hotel maupun penginapan, tidak ada salahnya mulai kita persiapkan dari awal. Sebab banyak kemungkinan buruk yang bisa terjadi tanpa kita duga saat menginap di hotel. Berikut beberapa tips yang bisa kita pakai saat akan menginap di hotel. Entah itu hotel biasa ataupun hotel berbintang :

Tips Agar Nyaman Saat Menginap di Hotel


1. Cek kamar

Saat masuk kamar untuk pertama kalinya, sebaiknya Anda jangan langsung membongkar isi koper atau langsung tidur. Periksalah dulu kamar Anda, mulai dari sprei (pastikan licin dan tidak bau), AC dingin, shower dan TV berfungsi dengan baik. Bila ada yang tidak beres segera minta ganti kamar (lakukan dengan dengan sopan tentunya). Nah jika semua OK, baru bongkar koper Anda dan Anda bisa menikmati hotel sambil tidur-tiduran melepaskan lelah setelah perjalanan jauh.

2. Perhatikan kebersihan

Walaupun Anda menginap di hotel bintang 5, kebersihan beberapa peralatan berikut tetap harus Anda perhatikan :
– Saklar lampu, remote TV dan handle pintu. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan diumumkan di American Society for Microbiology pada Juni 2012, terungkap bahwa saklar lampu dan remote televisi merupakan dua benda yang banyak terkontaminasi oleh bakteri. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melap terlebih dahulu remote televisi dan saklar lampu dengan tisu basah sebelum Anda memegangnya. Selain itu, Anda juga harus mencuci gelas atau cangkir dan ketel pemanas air sebelum digunakan.

3. Fasilitas gratis

Sebelum memakai fasilitas hotel sebaiknya Anda mengkonfirmasi apakah fasilitas tersebut gratis (complimentary) atau dicharge. Ketika ANda menggunakan fasilitas karena Anda berpikir itu gratis (misalnya internet/Wifi) tetapi ketika check out ANda di charge, tentu Anda akan merasa kecewa.

4. Ganti handuk baru

Apabila Anda menginap di hotel lebih dari 1 hari dan Anda ingin mengganti handuk dengan handuk baru setiap hari, maka letakkan handuk lama Anda di lantai. Umumnya handuk yang masih tergantung tidak akan diganti oleh hotel. Namun pertimbangkan untuk Go Green, satu handuk yang di cuci akan ikut memperbanyak limbah, memboroskan air dan mengkonsumsi energi listrik.

5. Menyimpan barang-barang berharga

Apabila Anda membawa barang-barang berharga, jangan tinggalkan di dalam kamar. Taruhlah di safe deposit box dan kunci dengan baik.

6. Fasilitas wake-up call

Jika Anda memiliki schedule dipagi hari dan Anda adalah tipe orang yang susah bangun (apalagi hotelnya nyaman, bangun jadi makin susah) Anda dapat memanfaatkan fasilitas wake-up call yaitu petugas hotel akan menelpon ke kamar Anda sesuai waktu yang Anda minta.

7. Waktu Sarapan

Umumnya waktu sarapan di hotel adalah jam 6 – 10 pagi. Jangan sampai Anda terlalu menikmati kamar Anda sehingga lupa untuk sarapan karena setelah jam 10 pagi restourant hotel tidak melayani sarapan lagi. Usahakan datang lebih pagi sehingga Anda tidak mengantri dan pilihan menu masih lengkap.
Selain beberapa tips di atas ada juga cara sederhana dalam memilih hotel. Yaitu dengan melihat berbagai testimonial pengunjung yang pernah menginap. Testimonial bisa kita dapatkan secara mudah di Internet. Misalnya saja di ulasan di Google Maps atau bisa juga di beberapa aplikasi android seperti Trip Advisor dan beberapa website yang mereview berbagai hotel

Leave a Comment